Tips & Spirit Perniagaan

Tips & Spirit Perniagaan

Amirudin Mahfudz 2022-02-26 20:04:12
Assalamualaikum... Sekedar ingin berbagi oleh2 hasil Partisipasi & Sinergy Marketing Properti Syariah yang saya ikuti beberapa waktu lalu di Berbagai Seminar Ekonomi Islam.

Tips dan Spirit Perniagaan 
By.  Amirudin Mahfudz

1. Niat
Niatkan ibadah sebelum kita mulai promosi atau mengiklan dalam berbisnis baik secara online maupun offline. Awali dengan bismillah agar keberkahan terus mengalir.

Niatkan bahwa kita bukan hanya bertujuan untuk mencari materi, melainkan juga untuk menghadirkan solusi menghindari yang dilarang atau riba. Insha Allah dengan begitu kita tidak akan menjadi budak closing "budak harta" atau budak urusan duniawi saja.

2. Jangan Korupsi Waktu
Jika Anda seorang karyawan yang masih terikat kontrak dengan perusahaan, jangan sesekali mengiklan atau berbisnis pada jam-jam kerja. Lakukanlah di jam-jam istirahat saja. Kenapa? Karena disitu letak kejujuran Anda diuji dan otomatis akan mengurangi keberkahan dalam rezeki yang Anda dapat. Kecuali jika Anda sudah mengantongi izin dari atasan atau owner anda.

3. Iklan pada jam-jam efektif
- Habis Shubuh (05.00-06.00)
- Istirahat makan siang (11.30-13.00)
- Jam pulang kerja (16.00-18.00)
- Jam prime time (19.00-21.30)

4. Hormati Guru
Segala proses yang dilakukan dalam menggapai sebuah pencapaian tentunya kita tidak bisa dengan sendirinya. Pastilah ada mereka yang pernah membimbing dan mengajarkan hingga kita menjadi tahu. Bersikaplah ta'dzim atau menghormati kepada siapapun mereka yang kita sebut sebagai guru. Tanpa mereka tentunya kita tidak akan sampai pada titik ini, bukan?

5. Spirit Perniagaan 
Ini adalah poin yang paling penting diantara poin-poin di atas. Keuntungan yang kita peroleh dari hasil perniagaan dengan manusia mungkin bisa dihitung dengan rumus matematika biasa. Tapi, keuntungan yang bisa kita peroleh dari hasil perniagaan dengan Allah, pastinya akan jauh lebih berlimpah dan menenangkan lahir dan bathin kita.

Libatkan Allah dalam segala aktivitas kita termasuk dalam berniaga. Misalnya dengan melakukan beberapa hal berikut ini :

6. Minta do'a restu
Ridho Allah terletak di keridhoan orang tua. Mintalah do'a dari orang tua kita, karena dengannya pundi-pundi yang kita dapat berkahnya akan semakin terasa. Bagi yang sudah menikah, mintalah do'a kepada pasangan halalnya agar semakin dimudahkan jalannya mencari rezeki yang halal.

7. Bersedekah
Tak hanya kewajiban 2,5 persen yang kita keluarkan, tapi berikanlah sebagian-sebagian lagi kepada siapapun di sekitar kita. Misalnya memberi hadiah kepada orang tua (harus selalu diutamakan), saudara, rekan atau kerabat, anak yatim, fakir miskin, dll. Karena memberi kesenangan di hati mereka pahalanya sangatlah besar dan bisa membuka pintu rezeki buat kita.

8. Shalat Dhuha
Dua raka'at shalat dhuha bisa sebagai pengganti sedekah seluruh persendian kita. HR Muslim 720.

9. Shalat Tahajud
Dari Abu Hurairah Rasulullah saw bersabda, "Robb kami akan turun setiap malamnya ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman,  "Siapa yang memanjatkan do'a padaKu, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang memohon kepadaKu, maka aku akan memberinya. Siapa yang meminta ampun padaKu, Aku akan memberikan ampunan baginya" Jadi, manfaatkan waktu sepertiga malam kita dengan bertaubat dan meminta ampun kepada Allah atas segala dosa2 yang mungkin selama ini menghambat rezeki kita.

10. Shalat Fajar sebelum shubuh
Dari 'Aisyah r.a, Rasulullah saw bersabda, "Dua raka'at fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya" HR. Muslim 725 Nah, jelas sudah dari hadits di atas, orang yang paling kaya adalah orang yang menjaga shalat sunnah fajar.

Demikian tips dan spirit perniagaan yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Semoga rezeki yang kita peroleh tak hanya berlimpah tapi juga dapat menjadi tabungan akhirat kelak. Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin.  Wallahu a'lam bishowab.

HARI INI MEMBERI BESUK MENERIMA
INSHA ALLOH BARAKAH... MAU ??????
Bismillaah... Klik disini !!